Kata orang ikhlas itu mudah diucap tapi sulit melakukannya.

Bisa jadi, Mungkin karna definisinya yang masih abstrak, melakukannya gak tahu gimana plus parameternya dikatakan sudah bisa ikhlas itu yang masih membingungkan.

Menurut saya memahami Ikhlas itu ada di 3 ponit ini.
  • Ada value yang kita anggap bernilai
  • semua hanyalah titipan, bukan hak milik
  • akan kembali kepemilikNya

Jadi orang yg ikhlas adalah orang yang RELA segala hal yang dianggap nya bernilai untuk kembali kepemiliknya. Terlepas Apakah sesuatu yg bernilai tadi akan hilang atau dipindahkannya ketangan orang lain.

Disinilah kesulitannya kenapa ikhlas itu susah. Ketika apa yang dititip tadi dianggap menjadi hak milik dan tidak boleh meninggalkan kita apalagi mnjadi  milik orang lain.

Lalu dari definisi inilah sesuatu yg abstrak tadi sudah mulai terstruktur sehingga kita bisa memiliki pola dalam melakukannya.

Caranya melakukan ikhlas : 
Pilih semua yang kita anggap bernilai dalam diri kita. ( harta,nyawa,jabatan,anak,pasangan,orang tua, dan seterusnya). Lalu pejamkan mata.. Bayangkan seandainya kesemua itu memang sudah waktunya untuk kembali ke sang pemilikNya.( bisa end, bisa juga berpindah untuk dititip ke orang lain). Latihlah sampai segala yang dianggap bernilai itu sampai kelevel titipan, bukan hak milik.

Parameter keberhasilannya.
Seandainya memang telah terjadi apa yang di anggap bernilai tadi pergi/berpisah(hidup/mati) dengan kita dan kita tidak lagi mengalami gegana ( gelisah galau merana) artinya tahap untuk mencapai ikhlas berhasil.

Tentu ini suatu perjuangan yang berat, bukan berarti saya yang menulis ini sudah bisa untuk melakukannya. Saya pun masih tahap berjuang untuk mencapai ke level skill.

Tujuan saya untuk mengatakan ini adalah, agar kiranya dengan pemahaman ini kita semua bisa lebih terpola dalam melakukan ikhlas dan lebih cepat dalam mengatasi masalah.

Dengan pemahaman ini kita akan tau kenapa :
  • ditinggal pasangan (end/selingkuh).
  • kehilangan pekerjaan.
  • kecurian harta.
  • kehilangan jabatan.
Bisa membuat menderita... Semuanya hanya karna menganggap apa yang bernilai menjadi hak milik dan belum rela kalau waktu penitipannya memang sudah selesai.