Strategi mengatasinya adalah sebagai berikut:

  • Sadarilah bahwa Anda memiliki kuasa atas diri Anda. Apakah Anda ingin membawa kekecewaan ini berlarut-larut atau melepaskannya saat ini juga? Semuanya memiliki konsekwensi.
  • Jika memilih untuk melepaskan kekecewaan Anda sekarang juga, maka bertanggung jawablah bahwa itu memang keputusan Anda dan segeralah analisis masalah Anda.
  • Temukan sikap yang perlu Anda lakukan. Langkah internal yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan terapi yang ada. Baik digunakan secara tunggal atau kombinasi dengan berbagai tehnik. Seperti terapi ikhlas, sabar, memaafkan, terapi tegang, terapi tawa,  self suggestion dengan relaksasi maupun pemaknaan ulang.  Pilihlah yang paling sesuai dengan analisis masalah Anda.
  • Pastikan Anda merasakan perubahan emosi, dari distres menjadi eustres atau normal, sehingga Anda tetap dengan gembira menjalani hari-hari Anda karena Anda telah mampu mengendalikan stres.

                   Anda pun dapat berpikir dengan logis, langkah apa yang perlu diambil pasca kegagalan itu. Kalau masih bimbang antara memilih kuliah atau menunda tahun depan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan tehnik visual squash.

·           Silahkah Anda praktekkan!