Suatu ketika disebuah perusahaan, terjadi kebocoran air yang terus menggenangi lantai dasar dari gedung tersebut, dan hal ini sudah berlangsung beberapa minggu sehingga menjadi perhatian oleh pemilik perusahaan.

 

Singkat cerita, sang pemilik gedung meminta asistennya untuk mencarikan tekhnisi yang mampu mengatasi masalah yang terjadi. Berbagai penawaran pun dilakukan  untuk mencari tekhnisi yang handal. setelah dapat, satu persatu tekhnisi itu bekerja, hasilnya ada yang sama sekali gagal ada pula yang mengalami perbaikan namun hanya bertahan dalam beberapa hari  dan  setelah itu tergenang kembali. Padahal alat yang digunakan sudah modern dan durasi waktu untuk pengerjaannya juga cukup lama, sayangnya kerjaan tersebut  tak kunjung menyelesaikan masalah yang ada. usaha untuk mencari tekhnisi terus dilakukan. sampailah teknisi muda yang penampilannya urak-urakan datang untuk menawarkan bantuan mengatasi masalah yang ada.

 

Awalnya pemilik kurang menyukai penampilan pemuda ini, namun apa daya, sudah sekian banyak tekhnisi yang mencoba namun masih gagal sehingga mau tidak mau dia memberikan kesempatan terhadap pemuda tadi.

 

Dan pemuda tersebut pun mulai bekerja. dia berjalan mengitari gedung dilantai satu, kemudian dia berhenti sejenak dan mengeluarkan alatnya yaitu berupa palu. dia tokok beberapa bagian pipa lalu berjalan kembali kearah yang lain.. sekitar 2 jam dia bekerja akhirnya dia menjumpai si pemilik tadi dan mengatakan  “hei bos, masalahnya sudah clear. saya jamin tidak akan ada genangan lagi.”

Seolah tidak percaya, bagaimana mungkin anak muda ini berani sesumbar mengatakan masalahnya selesai. Yang dia lihat pemuda ini hanya membawa palu dan bekerja dua jam, sedangkan teknisi yang lain sudah menggunakan alat yang begitu canggih dan bekerja beberapa hari belum juga tuntas masalahnya. namun begitu diperhatikan pekerjaan si pemuda tadi yang memang benar-benar menyelesaikan masalah diapun takjub. akhirnya dia meminta tarif dari pemuda tadi untuk penyelesaian pembayaran jasanya.

Begitu terkejutnya si bos begitu mengetahui tarif yang diajukan pemuda tadi. 50 juta. angka yang fantastik menurut si bos. bukan karna dia tidak sanggup membayarnya namun tidak sesuai dengan logikanya. hanya bermodalkan palu dan bekerja 2 jam dia meminta bayaran 50 juta. akhirnya dia meminta rincian biayanya agar bisa jelas bagaimana angka 50 juta itu muncul.

Beberapa hari kemudian sang pemuda memberikan apa yang diinginkan oleh si bos tadi, begini isi tulisannya ;

 

Kepada pemilik Perusahaan x, Rincian Biaya Jasa saya.

 

Jasa Transportasi dari rumah ke tempat anda      Rp.      100.000

Biaya Pembelian Palu 1 buah                                   Rp.        50.000

Jasa Memperbaiki pipa yang Bocor                         Rp.    1.000.000

Jasa Menemukan Sumber Pipa yang bocor          Rp.  48.850.000.

 

Para Pembaca sekalian, kehidupan ini memiliki POLA. Sukses ada polanya, Gagal ada polanya, Bahagia ada polanya, menderita juga ada polanya. Dikarenakan “Mahalnya”  Pengetahuan akan pola ini, mendasari saya untuk mencari lebih jauh apa-apa saja yang menjadi Pola kehidupan dan ketika saya menemukannya maka saya membagikannya kedalam buku ini.


Dengan memahami pola kita dapat memprediksi, menganalisa, mencegah peristiwa merugikan atau meraih peristiwa yang diinginkan serta dapat dijadikan dasar dalam mengatasi permasalahan. Seperti pemuda tadi yang menemukan pola yang tepat dalam melihat permasalahan yang ada dan mencarikan solusi  serta membawa hasil seperti yang diinginkan.

 

  Sering kali di ruang praktek saya menemukan masalah yang dihadapi pasien diatasi bukan dari Pola yang tepat. saya ambil contoh kasus; pasien yang mengalami keluhan sulit tidur dikarenakan baru mengalami penipuan oleh rekan bisnisnya. Uangnya yang hilang sampai milyaran dan itupun uang dari pinjaman bank. Sebelum berobat kesaya, pasein sudah berobat ditempat lain namun sayangnya penangannya diatasi hanya pada simtom tidak bisa tidurnya. Maka tidak heran pemberian obat penenang rutin dia dapatkan. Apakah Masalahnya clear? Bagi saya itu tidak. Karna penyebab utama dia tidak bisa tidur adalah ketidak siapannya kehilangan uangnya. kemampuan acceptance, ikhlas, sabar, pasrah bagi saya adalah solusi utama untuk mengatasi keluhannya karna keluhan insomnia itu  Polanya adalah Stress/depresi karna ditipu -> Insomnia. Kalaupun dengan obat penenang tidurnya bisa kembali normal, jika suatu saat mengalami kejadian yang mirip maka dia akan kembali mengalami keluhan yang serupa. Jadi atasilah sumbernya terlebih dahulu sehingga akibatnyapun akan teratasi dengan sendirinya. Banyak pula kasus-kasus seperti Maag, Vertigo, Darah tinggi maupun Migrain  tidak ditangani dari Penyebab Utama yaitu cara berpikirnya dalam menghadapi masalah dan hanya terfokus kepada keluhan saja. Buku ini saya rancang secara konseptual untuk mengenal pola-pola kehidupan sehingga dalam menjalani hidup kita bisa berangkat dari pola yang terkonsep dalam meraih kebahagiaan maupun mengatasi permasalahan.

 

outcome dari buku ini :

 

- Pembaca dalam menjalani hidup bukan lagi menjadi penumpang, namun menyadari bahwa dialah Pilot dalam kehidupannya.

- Pembaca punya panduan dalam Mengenal pola-pola kehidupan

- Panduan yang dibaca dapat dipahami secara Sederhana dan aplikatif.

 

Pada bab pertama saya akan membahas mengenai Istilah-Istilah yang sering disebutkan dalam kehidupan kita namun pemahamannya masih bersifat individual. pemahaman si A dengan si B bisa berbeda untuk mendefinisikan tentang satu istilah. di Bab ini saya akan mendefinisikan Istilah-istilah yang merupakan bagian dari pembahasan di buku ini agar sewaktu menyelesaikan isi  buku secara keseluruhan kita sudah memiliki persepsi yang sama terhadap istilah tersebut.

Pada BAB kedua, saya akan membahas tentang kehidupan itu sendiri. agar kita bisa mengenal kehidupan secara menyeluruh, saya membaginya menjadi 4 poin  utama. saya menganalogikan kehidupan itu ibarat suatu Pertandingan karena selama kita hidup kita berjuang untuk meraih tujuan hidup.  Agar kita bisa menyelesaikan suatu pertandingan dengan kemenangan, maka terlebih dahulu kita harus memiliki pemahaman tentang 4 hal ini :

1.     Aturan yang berlaku saat menghadapi Pertandingan. Messi tidak akan bisa menjadi top score kalau mencetak gol dari tangan. Artinya ada aturan-aturan pertandingan yang harus terlebih dahulu dimengerti agar dapat mengikuti alur pertandingan

2.     Setelah memahami Aturan kita harus tahu apa yang menjadi Tantangan dari pertandingan tersebut. Kalau dalam pertandingan sepak bola, untuk menang tantangannya adalah bagaimana bisa memasukkan gol kegawang lawan lebih banyak dari pada kemasukan.

3.     Jika sudah mengetahui tantangannya, lalu kita harus memahami Modal Apa yang kita punya untuk Menghadapi tantangan tersebut.

4.     Setelah tahu Aturan, Tantangan  dan Modal yang dimiliki untuk menghadapi tantangan yang ada, selanjutnya baru kita bisa mengenal secara utuh bagaimana kehidupan itu berlangsung.  Dan untuk mempermudah kita dalam menilai kehidupan ini maka kita perlu untuk mengenal Cara cepat dalam mengenal kehidupan melalui RUMUS KEHIDUPAN. dengan memiliki rumus kehidupan, mempermudah kita untuk Memenangkan Pertandingan.

 

artinya di BAB II ini saya akan membahas tentang :

1.     Aturan Kehidupan

2.     Tantangan Kehidupan

3.     Modal Kehidupan

4.     Rumus Kehidupan

Di Bab III pembahasan akan lebih kepada aspek kehidupan, bagaimana kita memandang dan mehamami berbagai dinamika aspek kehidupan  dan di BAB IV saya akan berbagi mengenai Kasus-kasus kehidupan yang pernah saya tangani ditempat praktek….terakhir Bab V saya akan menjawab beberapa pertanyaan Kehidupan.

 

Selamat Membaca dan menemukan wawasan baru dalam menjalani kehidupanmu.

 

Wassalam..

 

Observer Of Life

 

 

 

Orang yang Cerdas adalah orang yang mampu Mengkonversikan suatu fenomena alam menjadi pengetahuan

-      Guz Reza -